SELAMAT DATANG DI BLOG ANGKATAN LAKAHIWA DAN HILWA 2008 PONDOK MODERN ASSALAM SUKABUMI, JAWABARAT, INDONESIA

Sabtu, 15 Juni 2013

AWAL DARI AKHIR

Oleh : Edwin Saputra (Member Lakahiwa 2008)

Empat hari pasca rihlah iqtishodiyah, teman-temanku seperjuangan telah disibukkan kembali oleh kegiatan kelas akhir yang seakan tak pernah henti datang silih berganti menghampiri, hingga tiba saatnya akhir penantian nanti. Ya.............Hanya dengan hitungan jari, kami sudah dapat mengetahui kapan akhir dari penantian ini. Tanpa disadari kami telah tiba dipenghujung perjuangan suci dalam menuntut ilmu, mencari berbagai pengalaman, melakukan petualangan-petualangan yang begitu mengesankan di pondok tercita ini. Empat dan enam tahun lamanya kami jalani bersama dengan penuh kisah kasih, suka cita, tangis duka, canda tawa yang takkan pernah luput dimakan waktu, dikekang zaman, dibatasi ruang dan akan selalu tersimpan baik-baik dalam memoar kenangan terindah pada masing-masing benak kami.

            Perpisahan.................... satu kata yang sangat sakral untuk kami lalui. Betapa berat rasannya mengakhiri perjuangan suci di pondok tercinta ini dengan sebuah perpisahan. Telah tertanam dalam masing-masing benak kami ikatan kasih sayang persahabatan yang telah terbina dan terjaga bersama enam tahun lamanya.
            Perpisahan..................  selalu diidentikkan dengan saling menumpahkan kesedihan kepada orang-orang terdekat dengan kita.
            Perpisahan................... tak ada satupun diantara insan yang telah memiliki keterikatan batin mengharapkan kedatangannya.
            Perpisahan................... selalu menyesakkan derai air mata bagi siapapun yang mengalaminya.
            Akan tetapi, bukankah setiap pertemuan pasti ada perpisahan......................?
            Kawan............. perpisahan bukanlah akhir dari segalanya. Perjuangan suci kita dalam menuntut ilmu, tidaklah berakhir dengan perpisahannya kita dari pondok ini. Rasa hormat dan patuh kepada para guru, tidaklah berakhir disebabkan perpisahan ini. Persahabatan yang telah kita jaga bina bersama, tidaklah berakhir hanya karena berpisahnya kita dari kebersamaan kita di pondok tercinta ini. Kecintaan kepada adik-adik dan almamater yang telah membesarkan kita, tidak pula berakhir dipenghujung perpisahan ini.
            Ingatlah kawan.........semua ini hanyalah permulaan bagi kita dalam menjalani kehidupan ini. Permulaan bagi kita dalam menentukan nasib masa depan nanti. Hanyalah sebuah permulaan dari awal rintangan yang akan kita hadapi dalam kehidupan yang lebih nyata di masyarakat nanti. Semua ini hanyalah “awal” dari “akhir” kehidupan kita di pondok tercinta ini.

Kampoeng damai, 270508

Created By Edwin Saputra at Lakahiwa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar